Bersepeda – Cara Termudah dan Tercepat Bagi Siapapun untuk Memperbaiki Ban Kempes Saat Berkendara Jarak Jauh

Ban kempes dapat mengintimidasi pengendara jarak jauh, atau siapa pun yang merasa keterampilan mekanik mereka tidak cukup baik untuk memperbaikinya di lapangan tanpa bantuan. Namun, sebenarnya, kebanyakan flat sepeda mudah diperbaiki di tempat dengan sedikit persiapan sebelumnya. Berikut adalah cara mengubah ban kempes yang tidak terduga menjadi pekerjaan perbaikan selama 15 menit yang dapat dilakukan oleh siapa saja dengan segala jenis bersepeda.

Latar belakang .

Tidak diragukan lagi, saya bukan satu-satunya pengendara sepeda yang telah bersepeda lebih dari 10 mil dengan ban kempes lebih dari sekali karena saya tidak siap untuk memperbaikinya sendiri selama perjalanan. Keadaan tidak siap itu berubah ketika saya menambahkan tas sepeda ke palang saya untuk membawa peralatan dan suku cadang yang diperlukan untuk memperbaiki flat di tempat.

Suku cadang dibutuhkan .

  • tas jinjing (Velcro-strap-on Colorado atau model bagasi belakang)
  • dua tabung ekstra (baru atau diuji oke; ukuran yang benar)
  • kit tambalan, jika disukai (pengikis kasar, semen cepat kering, tambalan karet, tambalan tempel tambahan, inti dan tutup batang katup, petunjuk penggunaan kit)
  • boot ban (tambalan berat untuk menutupi lubang yang cukup besar di dalam ban itu sendiri)
  • ban serep (untuk ledakan besar; terlipat)

Untuk menemukan kebocoran udara dalam tabung datar dengan merasakan atau melihat tidak selalu mudah. Seringkali, kebocoran kecil hanya dapat ditemukan dengan merendam tabung yang dipompa ke dalam air. Namun, kebocoran semacam ini dapat dengan mudah ditambal di tempat jika diinginkan. Di lain waktu, kebocorannya sangat besar sehingga tabung tidak dapat mengembang atau dengan mudah ditambal. Jadi, bagaimanapun, memiliki tabung cadangan di tangan menjadi cara termudah dan tercepat untuk memperbaiki tabung biasa di tempat.

Kondisi ini juga berlaku untuk flat ban tubeless. Daripada mencari lubang kecil di ban yang mungkin sulit dilihat, pasang ban cadangan ke dalamnya. Sejauh ini, cara ini menjadi cara termudah dan tercepat untuk memperbaiki flat tubeless.

Alat yang dibutuhkan .

  • obeng kecil untuk ukuran sedang
  • tang kecil atau kunci pas yang bisa disesuaikan
  • dua tuas ban plastik
  • alat batang katup (untuk batang katup Schrader tradisional)
  • konverter batang katup (dari jenis Presta ke Schrader yang lebih baru, jika diperlukan untuk kepala pompa yang tidak dapat disetel)
  • pompa udara yang dioperasikan dengan tangan (relatif kecil dengan kepala ganda atau dapat disesuaikan)
  • Perangkat pengisi CO2 dengan kartrid cadangan, jika lebih disukai daripada pompa
  • slime atau sealant filling canister, jika diinginkan

Prosedur perbaikan ban kempes .

(Catatan: pengendara sepeda yang kurang memiliki keterampilan mekanik mungkin ingin mempraktikkan prosedur ini di rumah sebelum mencobanya di lapangan.)

  1. Mengempiskan ban sebanyak mungkin (biasanya tidak perlu).
  2. Lepaskan rem pelek jika ada.
  3. Balikkan sepeda dan seimbangkan pada palang pegangan, atau sandarkan pada benda terdekat.
  4. Jika kempes adalah ban belakang, lepas rantai baik dari engkol maupun gigi belakang agar kendor.
  5. Longgarkan tuas sambungan cepat atau mur baut poros, yang pernah ada (obeng atau kunci inggris membantu di sini tergantung pada tingkat kekencangannya).
  6. Lepaskan roda dan ban dari soket putusnya pada rangka.
  7. Cungkil manik salah satu dinding samping di atas pelek roda dengan tuas dan obeng. Berhati-hatilah agar tidak merusak tabung lebih jauh.
  8. Lepaskan tabung (Catatan: batang katup bisa tinggi. Jadi, di lokasi batang katup di pelek, dorong dinding samping yang longgar ke arah sisi lain pelek, lalu dengan bebas tarik batang katup keluar dari lubang. Juga , jika tabung pipih dapat diperbaiki, simpan dan tempelkan di rumah).
  9. Raba bagian dalam ban dengan hati-hati untuk mencari titik tajam yang mungkin menyebabkan ban kempes. Jika ditemukan, hapus.
  10. Pasang tabung cadangan di dalam ban. Masukkan batang katup ke dalam lubang pelek terlebih dahulu, yaitu, dorong dinding samping yang longgar ke arah sisi pelek yang lain untuk memasukkan batang tabung ke dalam lubang pelek. Setelah tabung cadangan ditempatkan di dalam ban, cari area yang terjepit, bengkok, atau tidak rata. Rapikan sebelum melanjutkan.
  11. Secara manual, tekan sebagian besar manik-manik dan dinding samping yang sudah dicungkil kembali ke tepi; gunakan tuas untuk mencungkil beberapa inci terakhir ke tempatnya di dalam pelek.
  12. Tambahkan sedikit udara untuk menahan ban dan tabung di tempatnya. Periksa untuk memastikan manik-manik ban terpasang dengan pas di dalam pelek.
  13. Ganti roda ke soket putusnya. Terlalu banyak udara di dalam ban akan menyulitkan untuk mendorongnya di antara bantalan rem tipe pelek yang tidak bisa dilepas. Jika kempes adalah ban belakang, pastikan rantai, pemindah gigi, dan roda gigi saling mengunci dengan benar.
  14. Sambil menahan ban dalam posisi tengah ke tengah (tidak menyentuh bantalan rem pelek), kencangkan tuas pelepas cepat atau mur baut poros.
  15. Pompa udara ke dalam ban hingga kencang (atau isi dengan CO2, jika diinginkan).
  16. Pasang kembali rantai di atas roda gigi engkol dan belakang dan posisikan posisinya sejajar satu sama lain.

Setelah mengemas suku cadang dan peralatan kembali ke dalam tas jinjing, dan, saat masih memiliki tabung cadangan lain, nikmati sisa perjalanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *