Hindari Risiko Membeli Toyota Innova Bekas dengan 5 Cara Ini

Seiring banyaknya pilihan mobil keluarga, mungkin sebagian orang merasa bingung mana mobil yang paling tepat untuk dibeli. Jika Anda dalam kondisi serupa, sebenarnya tidak perlu terlalu bingung. Toyota Innova bisa menjadi salah satu pilihan tepat sebagai mobil keluarga yang mampu menemani perjalanan Anda di berbagai jalur perjalanan.

Membeli mobil dalam kondisi bekas adalah salah satu cara terbaik untuk bisa mendapatkan harga miring dengan fitur-fitur yang lengkap. Akan tetapi, tanpa pengetahuan dan persiapan yang matang, tentu risiko yang harus dihadapi juga cukup besar seperti mesin yang mudah rusak dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli mobil Innova bekas, simak terlebih dahulu beberapa tips berikut ini.

Tips Membeli Mobil Innova Bekas

  1. Memeriksa tahun kendaraan

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika membeli mobil bekas adalah memeriksa tahun kendaraan. Mobil memang memiliki daya tahan yang lebih tinggi dibandingkan dengan komoditas lainnya. Biasanya banyak yang mencari mobil bekas dengan masa pakai lebih dari 10 tahun untuk mendapatkan harga yang lebih miring. 

Sejak kemunculan di pasar otomotif Indonesia pada tahun 2004, artinya usia paling tua dari mobil ini adalah sekitar 17 tahun atau kurang. Oleh karena itu, cobalah untuk memeriksa tahun produksi mobil tersebut. Hal ini dapat menjadi bahan pertimbangan saat Anda melakukan negosiasi harga dengan penjualnya. Mobil dengan tahun yang lebih tinggi cenderung memiliki harga yang lebih mahal.

  1. Memeriksa eksterior mobil

Meskipun tidak terlalu berpengaruh pada performa mobil, namun tidak bisa dipungkiri bahwa faktor eksterior tidak bisa sembarangan diabaikan. Setiap pemilik mobil pasti ingin mobilnya terlihat bagus di mata orang sekitar. Oleh karena itu, saat hendak membeli mobil bekas, cobalah untuk memeriksa kondisi eksterior mobil terlebih dahulu. 

Pastikan tidak ada cat yang rusak atau mengelupas. Selain itu, perhatikan juga apakah fungsi-fungsi eksterior masih berjalan baik atau tidak seperti lampu sein, lampu utama, lampu kabut, kondisi ban, grip pintu, kondisi kaca, dan sebagainya. Perhatikan juga apakah ada kerusakan pada bumper atau penutup kap. Hal ini sangat membutuhkan ketelitian sehingga Anda tidak dianjurkan membeli mobil bekas dalam keadaan terburu-buru.

  1. Memilih tipe mesin diesel atau bensin

Ketika membeli mobil ini, terdapat dua pilihan mesin antara mesin berbahan bakar bensin dan juga diesel. Pada kali pertama ditawarkan, mobil ini mengusung mesin berbahan bakar bensin. Jenis mesin ini memiliki kelebihan seperti minim getaran dan knalpot yang cenderung lebih bersih. Selain itu, mobil dengan mesin bensin lebih mudah dicari di tempat pengisian bahan bakar umum. 

Di sisi lain, mobil dengan mesin diesel mempunyai harga yang lebih tinggi dibandingkan bensin. Hal tersebut karena sistem bahan bakar ini terkenal lebih irit dengan torsi yang lebih besar. Inilah sebabnya mobil mesin diesel saat ini masih banyak dicari oleh para penggemar mobil bekas. Jadi, sebelum membeli, pastikan terlebih dahulu jenis mesin apa yang hendak Anda beli.

  1. Memeriksa bagian interior

Memeriksa bagian interior juga tak kalah penting. Kondisi interior akan sangat mempengaruhi kenyamanan selama berkendara. Pastikan semua fitur berfungsi dengan normal seperti tuas pengatur jok, AC, radio, MID, kemudi, kondisi jok, dashboard, dan sebagainya. Jangan lupa untuk mengecek fitur keamanannya seperti kondisi rem, wiper, dan tombol lampu. 

  1. Memeriksa sejarah servis

Untuk memastikan bahwa mobil tidak pernah mengalami kerusakan yang cukup fatal, cobalah untuk menanyakan tentang sejarah servis. Apabila pemilik mobil melakukan perawatan dengan baik, biasanya mereka akan memiliki kartu servis sebagai bukti bahwa mobil selalu mendapatkan servis secara rutin. Jika tidak ada, tidak ada salahnya jika Anda membawa mobil ke bengkel untuk melakukan pemeriksaan. 

Saat membawa mobil ke bengkel, Anda juga bisa sekaligus melakukan uji jalan untuk mengetahui bagaimana performa mobil saat digunakan. Periksa apakah rem berfungsi dengan baik atau tidak. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum membeli Innova bekas. Namun, jika Anda memang memiliki budget yang cukup, sebaiknya beli dalam kondisi baru untuk memastikan bahwa semua komponen masih berfungsi dengan baik serta bisa mendapatkan garansi yang cukup panjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *